Rabu, 17 Januari 2018

ANALISIS BEDAH IKLAN "BUKALAPAK"

  • ·         Memilih iklan tersebut :
Alasan memilih iklan Bukalapak karena iklan tersebut menceritakan tentang salah satu aplikasi belanja online yang sedang melakukan potongan harga besar-besaran. Orang-orang yang melakukan gerakan cepat maksudnya adalah mereka menggambarkan kalau mereka bahagia belanja di aplikasi online dengan potongan harga yang gila-gilaan. Ditambah lagi dengan musik yang menunjang aksi dari orang-orang yang berperan tersebut. Salah satu iklan dari bukalapak yang kreatif bahkan bisa menarik perhatian konsumen dan bisa selalu di ingat dengan nyanyian “Bukalapak Emang Cincai Harga Santai Kaga Lebay.. Dinego Aja Say Pasti Bisa Say” dengan adanya iklan tersebut dapat menarik perhatian konsumen dan para konsumen akan lebih ingin mengetahui produk-produk apa saja yang ada di bukalapak bahkan bisa langsung berbelanja di bukalapak. 

  • ·         Isi atau materi iklan :
Isi dari iklan yang disampaikan oleh Bukalapak yaitu bahwa Bukalapak merupakan situs belanja online terpercaya di Indonesia yang menjual beragam produk yang dibutuhkan seluruh masyarakat Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak aktivitas yang dilakukan secara digital, lebih mudah dan praktis, termasuk kegiatan pembelanjaan yang kini semakin marak dilakukan secara digital, baik melalui komputer, laptop, hingga smartphone yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Bukalapak hadir sebagai toko online terpercaya dengan sistem konsumen ke konsumen. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk menjual dan juga membeli produk dengan mudah secara online. Sarana jual beli online Bukalapak memiliki visi untuk menjadi marketplace nomor satu di Indonesia dengan misi untuk memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia. 
Salah satu keunggulan yang bisa langsung dirasakan dengan belanja di Bukalapak adalah lengkapnya kategori produk. Halaman situs Bukalapak memiliki tampilan navigasi kategori barang untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk yang dinginkan. Kategori tersedia lengkap mulai dari kebutuhan rumah tangga, elektronik rumah tangga, furniture rumah tangga, hingga gadget dan smartphone.
Bukalapak juga dikenal baik sebagai toko online murah untuk kategori sepeda beserta aksesorisnya lengkap. Tidak hanya itu, tersedia juga produk fashion anak, pria, dan wanita, serta produk otomotif yang kini juga sudah tersedia dalam fitur BukaMobil. Promo Meriah Selain lengkapnya kategori produk yang tersedia, Bukalapak juga menawarkan harga promo menarik setiap harinya yang bisa Anda akses pada halaman promo. Terdapat banyak pilihan promo dengan masa berlaku yang beragam untuk berbagai produk, diantaranya promo smartphone hingga promo tiket kereta murah. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan kode voucher atau kode promo yang sedang berlaku untuk produk yang Anda inginkan.
 Virtual product yaitu situs jual beli online Bukalapak juga menyediakan virtual product dalam bentuk e-voucher dan tiket, mulai dari tiket pesawat, tiket kereta, kuota internet, paket data, hingga voucher game. Harga yang ditawarkan juga lebih murah dibandingkan toko lainnya sehingga belanja Anda lebih hemat. Tersedia juga fitur pembayaran zakat profesi yang bisa Anda bayarkan dengan sangat mudah dan praktis dengan bantuan kalkulator zakat untuk menghitung bayaran zakat yang sebaiknya dibayar.
Aman dan terpercaya, belanja online di Bukalapak tidak perlu khawatir tertipu dengan adanya jaminan 100% aman. Pembeli diberikan jaminan 100% uang kembali apabila produk yang sudah Anda bayar tidak kunjung tiba di tempat Anda. Tak jarang orang yang khawatir tertipu sehingga memilih untuk beli offline. Singkirkan segala keraguan belanja online dengan adanya jaminan uang aman 100% di Bukalapak.
Sistem pembayaran Bukalapak mudah, Bukalapak menawarkan beragam sistem pembayaran untuk memudahkan jual beli online Anda, diantaranya pembayaran yang praktis melalui BukaDompet, yakni dompet virtual yang bisa Anda isi dengan melakukan transfer sehingga memudahkan Anda dalam ativitas shoping setiap harinya di Bukalapak. Selain itu, ada juga pembayaran melalui bank transfer, instant payment melalui BCA KlikPay, Mandiri E-Cash, dan CIMB Clicks, serta sistem cicilan yang bisa Anda lakukan dengan kartu kredit dan juga cicilan Kredivo.
Fitur lengkap. Sebagai marketplace tekemuka di Indonesia, Bukalapak menawarkan pengalaman jual beli online modern yang lebih baik dengan adanya fitur-fitur inovatif, diantaranya BukaReksa untuk investasi Anda, BukaMobil yang menawarkan belanja online mobil yang aman dengan diskon besar dan pembayaran cicilan yang mudah, BukaIklan, BukaPengadaan, hingga BukaEmas.

  • ·         Sudut pandang komunikasi bisnis :
Pada dasarnya komunikasi bisnis ini dibagi dalam dua hal yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.
a.       Komunikasi verbal
Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi bisnis kepada pihak lain dengan menggunakan media tulis ataupun lisan. Bukalapak ini menggunakan komunikasi verbal dalam dunia bisnis melalui iklan dari Media seperti televisi dan iklan di youtube.
b.      Komunikasi Non Verbal
Komunikasi non verbal adalah proses komunikasi di mana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Bukalapak menggunakan komunikasi non verbal dengan menyertakan gambar dan suara pada iklan.

  • ·        Etika bisnis dalam periklanan :
Sesuai dengan fungsinya baik secara mikro dan makro, sebuah bisnis yang baik harus memiliki etika dan tanggung jawab sosial. Nantinya, jika sebuah perusahaan memiliki etika dan tanggung jawab sosial yang baik, bukan hanya lingkungan makro dan mikronya saja yang akan menikmati keuntungan, tetapi juga perusahaan itu sendiri. Didunia usaha khususnya perusahaan periklanan, secara kondisional iklan di maksudkan untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Karena iklan itu harus dibuat semenarik mungkin dan sedramatis mungkin sehingga mau tidak mau konsumen akan tertarik untuk memperhatikannya.
Hal yang menjadi sorotan masalah iklan adalah sejauh mana komitmen moral atau etika bisnis yang dimiliki perusahaan dalam mempertanggungjawabkan materi atau isi pesan yang disampaikan kepada masyarakat. Hal ini sangat penting mengingat produk dipasaran sangat banyak jumlahnya, dan pengetahuan konsumen tentang produk lebih banyak didapat dan informasi produsen. Etika bisnis dalam mengkampanyekan produk kepada khalayak sasaran memang penting dipahami oleh pihak produsen. Hal ini agar masyarakat tidak merasa tertipu oleh sajian – sajian iklan yang “bombastis” yaitu khalayak mendapat informasi yang sebenarnya dari produk yang diiklankan.
Hampir setiap hari kita dibanjiri oleh iklan yang disajikan media – media massa, baik cetak maupun elektronik. Akibatnya seakan – akan upaya pemenuhan kebutuhan hidup sehari – hari untuk sebagian besarnya dikondisikan oleh iklan. Tanpa kita sadari, iklan ternyata sungguh – sungguh ditampilkan sebagai kekuatan ekonomi dan sosial yang mempengaruhi sebagian besar hidup kita, terutama sehubungan dengan upaya mendapatkan barang dan jasa pemuas kebutuhan. Apalagi iklan – iklan tersebut disiarkan lewat media radio atau ditayangkan lewat layar televisi
Menurut Thomas M. Garret, SJ, iklan dipahami sebagai aktivitas-aktivitas yang lewatnya pesan-pesan visual atau oral disampaikan kepada khalayak dengan maksud menginformasikan atau memengaruhi mereka untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi, atau untuk melakukan tindakan-tindakan ekonomi secara positif terhadap idea-idea, institusi-institusi tau pribadi-pribadi yang terlibat di dalam iklan tersebut. Untuk membuat konsumen tertarik, iklan harus dibuat menarik bahkan kadang dramatis. Tapi iklan tidak diterima oleh target tertentu (langsung). Iklan dikomunikasikan kepada khalayak luas (melalui media massa komunikasi iklan akan diterima oleh semua orang: semua usia, golongan, suku, dsb). Sehingga iklan harus memiliki etika, baik moral maupun bisnis.
Etika bisnis yang dilakukan oleh pihak Bukalapak adalah dengan tetap menjaga kepercayaan konsumen terhadap jasa mereka, memberikan informasi yang jelas dengan menggunakan bahasa yang sopan, menjaga penuh kenyamanan dan kepuasan pelanggan berbelanja bagi semua pelanggan, menjaga data pribadi pengunjung dan pengguna Bukalapak, kami sudah menggunakan HTTPS sehingga setiap aktivitas yang dilakukan di halaman website kami data pribadi dienkripsi dan tidak bisa dibaca oleh pihak lain.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar