Jumat, 27 Oktober 2017

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEGIATAN BISNIS SEHARI-HARI

Nama : Risa Octatuvia Arbianti
Kelas : 4EA12
NPM : 19214481

A.   PENDAHULUAN
Di era modernisasi ini, teknologi dan komunikasi seolah tak bisa di hindari dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya memiliki keterikatan dalam membantu kehidupan manusia dan keduanya memiliki peranan tersendiri. Kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau Teknologi Indormasi. Teknologi dan informasi merupakan aspek penting dalam menunjang kegiatan manusia di berbagai bidang seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan lain-lain. Peranan komunikasi dalam dunia bisnis sangat penting. Apabila komunikasi bisnis berjalan lancar, benar dan efektif maka kegiatan bisnis akan berkembang, serta akan terjalin hubungan baik antara pembisnis dengan customer.
Begitu pula dengan teknologi yang telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis. Pembisnis yang membutuhkan efisiensi waktu dan biaya yang menyebabkan mereka membutuhkan teknologi dalam kegiatan bisnisnya. Komputerisasi merupakan program atau teknologi yang menunjang dalam bidang bisnis. Mulai dari input data, proses data, menyimpan data, dan mendistribusikan data. Yang semuanya itu dilakukan oleh computer sehingga akan berjalan secara otomatis dan tidak dikerjkan lagi secara manual. Teknologi dan komunikasi sangat penting dalam bidang bisnis.
Pengalaman menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis sehari – hari, dalam sebuah blog saya menemukan contoh kasus yang seperti ini : seseorang membeli barang di Tokopedia yaitu MikroTik RB952Ui-5ac2nD. Saya membeli sekitar jam 16.00 jadi saya fikir kalau saya kirim pakai GO-JEK tidak akan bisa karena pemesanan harus dilakukan sebelum jam 16.00. Karena hal tersebut saya coba lihat kalau peraturan tentang pengiriman menggunakan GRAB Next Day Tokopedia. Di situ tercantum bahwa GrabBike hanya melayani pickup dari jam 09:00 – 13:00 itu berarti kalau saya memesan tidak mungkin dikirim cepat. Sambil baca-baca saya tertarik dengan Next Day Delivery karena harganya lebih murah dan saya fikir sama sajalah karena sampainya Besok (Next Day).
Keesokan harinya ternyata pihak penjualnya sepertinya tidak selalu buka tokopedia, akhirnya karena tak kunjung dikonfirmasi jam 10 pagi saya WhatsApp dan penjual langsung menyetujui pembelian dan langsung proses pembelian. Sabtu pagi penjual WhatsApp ke saya bahwa sekitar jam 10 ada orang dari GRAB mengambil barang ke toko. Jujur saya sumringah karena barang akan sampai dan bisa ngoprek. Eh sampai jam 12 barang belum juga datang saya berfikir bahwa mungkin dia cari-cari alamat. Karena kebetulan saya mau pergi juga ke rumah temen yaudah saya titip pesan ke security kantor karena alamat pengiriman memang alamat kantor. 
Iseng jam 3 saya cek di aplikasi untuk melihat apakah sudah sampai atau belum. Pas dicek ternyata system tracker berubah pada bagian pesanan telah dikirim menjadi jam 2-an yang tadinya jam 10. Hmm saya berfikir mungkin kurir kesasar lalu barang dikembalikan dan ganti driver. Tapi yang jadi pertanyaan kok tidak ada konfirmasi dan tanya alamat sebelum dikembalikan. Karena saya sudah agak bingung jadi saya coba untuk menghubungi Tokopedia langsung. Nah di sini yang mbak-mbak Tokopedia bilang bahwa untuk Next Day kurir mengambil barang ke penjual dan ditaruh di warehouse sampai ada beberapa agar sekalian. Di sini saya agak “emosi” juga sih dan saya memutuskan untuk menghubungi GrabBike. Lucunya adalah ketika saya meghubungi GrabBike dan disuruh menunggu (CS lagi cek status) telfonnya malah dimatikan. Saya coba dial beberapa kali dan ada pesan kesalahan.

B. TEORI
1.  Peranan Komunikasi Dalam Bisnis
Arti penting komunikasi adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian yang sama dan serasi serta menimbulkan dasar tindakan serta dasar terbentuknya kerja sama. Dengan kata lain peranan komunikasi dapat diformulasikan sebagai berikut :
- Sebagai alat untuk menciptakan kesamaan pengertian.
- Sebagai alat untuk menggerakan perbuatan atau reaksi pesan (komunikator).

2. Komunikasi Bisnis dengan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi. Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT). Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data, dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok dan bahkan dalam menghadapi persaingan.
Kesesuaian IT dan Bisnis :
- Melakukan sinergi antara eksternal dan internal domain.
- Pilihan strategis eksternal harus selaras dengan pengaturan internal umum dalam bisnis.
- Domain IT.

Penerapan Teknologi Infomasi dan Komunikasi dalam dunia bisnis kita telah meilhat perkembangan teknologi informasi (TI) yang luar biasa selama beberapa dekade terakhir. Tapi sayangnya masih banyak usaha retail atau bahkan suatu perusahaan yang belum menerapkan teknologi informasi agar siap bersaing di masa yang akan dating. Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-bisnis) atau perbisnisan elektronik. E-Commerce adalah perbisnisan menggunakan jaringan komunikasi internet.

C.  ANALISIS
Kasus seperti ini terjadi karena sistem pengiriman barang dari Tokopedia ke konsumen tidak jelas, baik dari pihak Tokopedia dan GrabBike tidak memberikan informasi yang jelas sehingga konsumen merasa kesal. Menurut penjual barang yang dipesan sudah di antar melalui GrabBike, tetapi selama berapa jam barang belum juga sampai. Lantas konsumen tersebut membuka aplikasi dan ternyata system tracker berubah pada bagian pesanan telah dikirim menjadi jam 2-an yang tadinya jam 10. Tapi sampai sorepun barang juga belum sampai, akhirnya si konsumen tersebut memutuskan untuk menghubungi pihak GrabBike karna merasa sudah merasa emosi dan kesal, lalu dari pihak GrabBike konsumen tersebut harus menunggu dan melalukan pengecekan ulang, padahal jelas-jelas pihak Tokopedia sudah menginformasikan melalui situsnya kalau barang dikirim jam 2 melalui GrabBike. Disini seharusnya dipantau agar tidak merugikan semua pihak yang terlibat. Atau pihak GrabBike membuat sistem baru khusus untuk pengiriman barang dari situs penjualan online. Jadi intinya kedua perusahaan harus memperbaiki sistem pengelolaan aplikasinya agar konsumen tidak dirugikan seperti ini.

REFERENSI:
https://www.ariyolo.id/2016/10/pengalaman-sial-di-tokopedia-karena-grab.html
http://ressinatasumanda.blogspot.co.id/2014/03/peran-teknologi-informasi-dalam-bisnis.html
https://muhamadyusron.wordpress.com/2011/02/09/makalah-teknologi-informasi-bisnis/
https://maulanaarismaya.wordpress.com/2016/03/21/peranan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bisnis/
https://finfinadev.wordpress.com/2015/10/21/manfaat-tik/




2 komentar:

  1. terima kasih atas info nya ,sangat bermanfaat dan bagus ,,

    kunjungi juga website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
    thanks

    BalasHapus
  2. artikel yg sangat membantu tetapi jika di tambahkan lagi materinya akan lebih bagus lagi, terima kasih..

    jangan lupa kunjungi website kami juga di http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus