Senin, 02 Oktober 2017

Komunikasi Bisnis (tugas 1)

A.   PENDAHULUAN
Pada zaman seperti ini dengan teknologi yang berkembang sangat pesat dan semakin canggih tentunya bisa di gunakan untuk semua orang mencari atau mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dalam beberapa waktu belakangan ini shopping online kerap mewarnai perdagangan dunia maya. Shopping online merupakan suatu bentuk perdagangan elektronik di mana konsumen langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet tanpa layanan perantara. 
Disini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman pribadi saat berbelanja secara online. Toko online yang saya pernah kunjungi yaitu, ZALORA Indonesia. Toko online ZALORA Indonesia adalah pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan fashion pria dan fashion wanita dengan menawarkan brand-brand terkemuka, baik lokal maupun internasional. Di ZALORA tersebut menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti trend fashion terbaru yang memberikan banyak pilihan untuk menyempurnakan penampilan.
Berbagai model banyak di tawarkan seperti sepatupakaianbaju muslimtasaksesorisbatik dan sports serta produk beauty & grooming bagi pria maupun wanita di dapat dengan mudah. Banyak kemudahan yang di dapat jika berbelanja di ZALORA Indonesia. ZALORA memberikan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Sebuah penawaran yang sangat menarik dari sebuah online fashion store. Selain ituZALORA juga menyediakan opsi pengembalian barang jika kita tidak puas atas produk yang kita terima.
Sebelum saya melalukan pembelian secara online, saya biasanya browsing-browsing dulu lihat referensi toko online yang bagus. Dan hampir sebagian wanita khususnya kalangan muda memakai produk dari ZALORA. Dari review yang saya baca ternyata ada yang puas dan tidak puas berbelanja di ZALORA tetapi saya sendiri merasakan kepuasaan yang di dapat saat belanja di ZALORA. Belanja secara online juga banyak keuntungan yang saya dapat mulai dari saya tidak harus capek-capek pergi ke mall, bisa di lakukan dimana saja dan hanya perlu membuka web ZALORA, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, kemudahan bertransaksi lewat sosial media, praktis, dan banyak potongan harga.
Menurut saya kelebihan ada pada tampilan web ZALORA yang cukup baik, dimana pelanggan di sediakan menu yang lengkap, mulai dari produk yang tersedia, menyesuaikan ukuran pakaian dan pelanggan juga dapat melihat stok pakaian sesuai dengan pilihan warna yang di inginkan, proses pemesanan, hingga proses pengiriman dapat di lihat melalui web yang ada.
Saat saya belanja di ZALORA produk yang saya beli itu tas, saya awalnya takut banget beli online takut di tipu takut aslinya gak sama kaya di foto tapi ternyata saat saya memesan tas di ZALORA dan saat barang sudah sampai barang nya sesuai gambar, gratis ongkir, bisa bayar di tempat jika barang sudah sampai dirumah terus juga gratis 30 hari pengembalian barang jika ada yang rusak. Pokoknya toko online yang satu ini sangat recommended banget.
Ada kelebihan pasti ada juga kekurangan. Kekurangan yang saya rasakan selama berbelanja di ZALORA pengirimannya lambat, perpanjian 2 sampai 3 hari ternyata barang baru sampai dirumah 2 mingguan untung barang nya bagus sesuai di foto kalau barang nya sampai nya udah lama terus barang nya gak bagus saya sudah pasti akan kesal sekali dan juga kekurangan yang ada di web ini memiliki kelemahan berupa tata letak menu yang padat dan sedikit membingungkan, terlebih banyak menu yang terutama bagi pelanggan yang belum terbiasa melakukan transaksi menggunakan onlineshop. Jika kita melakukan scrolling down pada homepage ZALORA, disitu kita akan menemukan banyak pilihan barang yang walaupun sudah dikelompokan menjadi beberapa bagian tetap saja membutuhkan koneksi yang lumayan kencang untuk mengload gambar thumbnail yang begitu banyak. Selama saya berbelanja di ZALORA Indonesia saya belum pernah merasakan pengalaman yang kurang mengenakkan, saya selalu puas dengan pelayanan yang di berikan oleh ZALORA.

A.    TEORI

a.      Proses Komunikasi
Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.
Tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut :
1. Pengirim
2. Pengkodean (Encoding)
3.  Pesan (Massage)
4. Saluran
5. Penerima (Recaiver) 
6. Penafsiran kode (Decoding) 
7. Umpan balik feedback
                          

b.      Unsur – unsur Komunikasi

Komunikasi memiliki 7 unsur utama dan satu unsur tambahan. Unsur – unsur komunikasi berupa pengirim informasi, proses, penyandian, pesan, saluran atau media, penafsiran, penerima umpan balik serta terakhir gangguan atau noise. Berikut penjelasan tentang ketujuh unsur dan satu unsur tambahan komunikasi berikut :
1.   Pengirim (Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
2.    Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
3.        Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
4.    Saluran  adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
5.     Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
6.       Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.
7.   Umpan balik adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.
8.  Gangguan : Ini merupakan unsur tambahan dalam komunikasi. Noise atau gangguan merupakan faktor merusak komunikasi. Dengan adanya noises, atau gangguan, maka dapat terjadi kesalahan dalam komunikasi.

B.     ANALISIS
Dalam kasus ini, saya menganalisis berdasarkan urutan proses komunikasi dengan melibatkan unsur – unsur komunikasi. Dimana, proses pertama dalam proses komunikasi adalah  munculnya keinginan untuk membeli tas dengan sistem pre-order itu dinamakan proses penginterpretasian. sebab penginterpretasian diproses komunikasi ini memiliki arti bahwa komunikan berhasil menggambarkan apa yang ia pikir dan rasakan dalam pesan. Lalu saya sebagai pembeli berperan sebagai komunikan melakukan penyandian atau encoding dengan cara mengirim pesan melalui aplikasi chat kepada penjual yang berperan sebagai komunikator atau si penerima pesan dengan tujuan penjual tahu keinginan saya untuk membeli tas di online shop miliknya. Media yang digunakan pembeli untuk berkomunikasi kepada penjual adalah aplikasi chat yaitu line atau whatsapp, karena penjual hanya melakukan komunikasi lewat media tersebut dan juga untuk mempermudah penjual untuk mencatat barang apa yang akan dipesan agar tersusun dengan baik. Proses komunikasi selanjutnya penjual menerima pesan dari pembeli dan mengetahui apa tujuan pembeli. Lalu penjual melakukan penafsiran pesan atau decoding dengan mengirim form pembelian dan melakukan umpan balik dengan membalas pesan yang telah disampaikan oleh pembeli dan pembeli melakukan feed back lagi dengan mengirimkan form pembelian yang sudah diisi dengan data pembelian. Dengan ini sebenarnya proses komunikasi telah berakhir diantara penjual dan pembeli.
Dalam kasus ini juga saya akan menganalisis salah satu unsur tambahan dalam komunikasi yaitu gangguan. Gangguan yang ada di online shop ini tidak berkomunikasi dengan baik kepada pihak pengiriman maupun pembeli. Jadi barang yang seharusnya sudah sampai 2 sampai 3 hari malah baru sampai 2 mingguan, disini terlihat jelas bahwa penjual tidak berkomunikasi dengan baik kepada pihak-pihak yang ada. Jadi saran saya terhadap toko online ini sebaiknya ada komunikasi yang terjalan dengan baik antara penjual, pembeli maupun pihak yang terlibat agar kedepannya gangguan-gangguan seperti ini tidak terulang lagi, sehingga pembeli akan merasakan kepuasaan terhadap pelayanan yang diberikan.

Referensi :

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar